tekno
Langganan

Saingi Amazon, FedEx Bakal Bikin E-Commerce FDX Today - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Crysania Suhartanto  - Espos.id Teknologi  -  Rabu, 17 Januari 2024 - 22:06 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi. FedEx. (Bisnis)

Esposin, JAKARTA – E-commerce seperti Amazon hingga TikTok Shop bakal punya pesaing baru. Perusahaan jasa logistik Amerika Serikat FedEx akan membuat platform e-commerce-nya sendiri yang dinamakan FDX Today.

Diperkirakan platform ini akan meluncur pada musim gugur. Dikutip Bisnis dari TechCrunch, e-commerce ini sebenarnya akan membuat FedEx mirip seperti Amazon dan Shopee yang memberikan jasa e-commerce end-to-end. Mulai dari berjualan, memberikan jasa logistik, pelacakan pengiriman, hingga pengembalian barang.

Advertisement

Bedanya, Presiden dan CEO FedEx Raj Subramaniam mengatakan FDX akan lebih memberikan informasi berbasis data secara komprehensif yang dapat menghubungkan seluruh perjalanan pelanggan.

Alhasil, dikutip dari TechRound, Raj menggambarkan FDX sebagai platform perdagangan berbasis data pertama yang menghubungkan seluruh perjalanan pelanggan.

Advertisement

Alhasil, dikutip dari TechRound, Raj menggambarkan FDX sebagai platform perdagangan berbasis data pertama yang menghubungkan seluruh perjalanan pelanggan.

“Dengan menggabungkan jaringan transportasi fisik FedEx yang luas dengan kecerdasan digital, platform ini bertujuan membantu pedagang dari semua ukuran mengoptimalkan dan mengembangkan bisnis mereka,” ujar Raj dikutip dari TechRound, Senin (16/1/2024).

Diperkirakan FDX ini akan diintegrasikan dengan e-commerce ShopRunner, e-commerce yang sempat diakuisisi pada 2020. Kendati demikian, Manajer Relasi Global FedEx Christina Meek mengatakan perusahaannya tidak akan terlalu memfokuskan bisnisnya pada lini marketplace. Tujuan FedEx murni ingin memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan. “Kami tidak berada dalam bisnis pasar. Kami mencoba membantu bisnis membangun pengalaman terbaik mulai dari permintaan hingga pascapembelian,” ujar Christina, dikutip dari Techround, Selasa (16/1/2024).

Advertisement

Melansir dari The Verge, hadirnya FDX ini memang diperuntukan guna bersaing dengan Amazon, perusahaan yang dianggap FedEx sebagai ancaman bisnisnya selama bertahun-tahun.

Hal ini terbukti dengan penolakan pembaharuan kontrak penerbangan kargo antara Amazon dengan FedEx Express pada 2019.

Selain itu, Amazon juga pernah melarang penjualnya menggunakan FedEx untuk pengiriman saat masa liburan.  Diketahui, pada awal Desember 2020, FedEx juga pernah ingin meniru Amazon dengan mengakuisisi ShopRunner, sebuah layanan e-commerce dan logistik instan mirip Prime yang dapat menawarkan pengiriman dua hari.

Advertisement

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Fedex Ekspansi ke E-Commerce, Ingin Saingi Amazon hingga TikTok"

 
Advertisement
Akhmad Ludiyanto - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif