Esposin, JAKARTA – Dari sekian banyak media sosial yang bisa digunakan di Indonesia, manakah yang paling banyak digunakan di awal tahun ini? Mungkin beberapa di antaranya ada di HP kamu dan sering kamu gunakan juga. Berikut ini 10 platform media sosial menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia pada awal 2024.
1. WhatsApp
Berdasarkan laporan We Are Social (2024), WhatsApp menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia pada Januari 2024. Platform WhatsApp milik grup Meta memiliki persentase pengguna internet berusia 16–64 tahun sebanyak 90,9% yang menggunakannya setiap bulan.Promosi UMKM Binaan BRI, Minimizu Bawa Keunikan Dekorasi Alam ke Pameran Kriyanusa 2024
Bukan hanya menjadi platform yang paling banyak digunakan, WhatsApp juga menjadi media sosial favorit di kalangan usia 16–64 tahun, yaitu persentasenya mencapai 34,8%.
2. Instagram
Kemudian Instagram yang juga platform milik grup Meta menjadi media sosial kedua yang paling banyak digunakan. Proporsinya mencapai 85,3%.
3. Facebook
Lalu, di urutan ketiga juga masih ditempati oleh grup Meta, yaotiu Facebook dengan persentase 81,6% yang menggunakan platform media sosial ini.
4. Tiktok
Berikutnya, TikTok memiliki persentase pengguna 73,5%
5. Telegram
Sebanyak 61,3%
6. X (Twitter)
Sebanyak 57,5%
7. Facebook Messenger
Laporan We Are Social juga menunjukkan Facebook Messenger menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan dengan persentase pengguna mencapai 47,9%.
8. Pinterest
Pinterest yang menyajikan gambar dan video ini persentase penggunanya sebanyak 34,2%.
9. Kuaishou
Kuaishou (termasuk Kwai dan Snack Video) pengguna 32,4%.
10. LinkedIn
Memiliki persentase 25%.
Secara keseluruhan, We Are Social melaporkan ada 139 juta pengguna media sosial aktif di Indonesia pada Januari 2024. Jumlah itu setara dengan 49,9% dari total populasi di dalam negeri. Adapun, alasan utama pengguna berusia 16–64 tahun menggunakan media sosial adalah untuk mengisi waktu luang dengan persentase mencapai 58,9%.
Laporan tersebut juga memperlihatkan sebanyak 24,5% pengguna menggunakan media sosial karena takut ketinggalan akan sesuatu alias Fearing Of Missing Out (FOMO).
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "10 Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di RI Tahun 2024"